SELAMAT DATANG.....

Sunday 19 May 2013

Cara Membersihkan Sendiri Wastepad Ink atau InkPad Full Epson L110

Berikiut saya jelaskan cara membersihkan sendiri wastepad atau inkpad Epson L210.

Kekurangan printer infus bawaan pabrikan ini adalah tidak disediakannya waste ink tank yang memadai untuk sebuah printer infus asli pabrikan epson… karena kebanyakan kasus yang ditemui di lapangan adalah perlunya sebuah tempat penampungan Tinta yang agak besar untuk printer infus dikarenakan print head yang telah dipasang CISS (continous ink supply system) menuntut print head cleaning yang lebih “extra” dibandingkan inkjet cartridge.
Untuk membuat sendiri Pembuangan Tinta “Waste Ink Bottle” EPSON L110, L210/L300/L350/L355, silahkan baca artikel nya disini

Sepertinya Printer Infus terbaru ini seperti Epson L210 sedikit berbeda dengan Epson L200, Tempat pembuangan Tinta nya (Ink Pad) terletak dibagian Bawah Printer, dan setiap kita menggunakan printer akan terjadi proses cleaning dengan sendirinya, apalagi kalau kita sering melakukan Head Cleaning atau Power Ink Flushing. Jadi Printer ini akan lebih mengalami masalah karena InkPad Full atau tempat pembuangan nya penuh dan pasti nya tidak bisa untuk mencetak document.

Dari Epson sendiri menyarankan jika terjadi kasus seperti ini, maka harus di anjurkan untuk dibawa ke Service Center terdekat dan jangan reset sendiri karena akan fatal... He..he... Tapi jika anda malas bawa ke service center, karena jauh atau menunggu berhari-hari, berminggu-minggu, dan bahkan berbulan-bulan. Berikut Sedikit Tips bagaimana cara membersihkan Inkpad Epson L210 anda. Langsung aja:

1. Buka baut yang ada dibelakang printer, biasanya ditutupi dengan segel.





2. Setelah baut terbuka, Miringkan ke depan (bagian atas menjadi ke depan) seperti gambar diatas.

3. Cari dan perhatikan kotak Inkpad nya, setelah ketemu geser kekanan, dan tarik keluar,


 bagian Bawah printer yang sudah terbuka tempat pembuangan nya






 Tempat Pembuangan tinta dan Wastepad Epson





3. Lepaskan Tisu Wastepad Ink dari wadahnya.Berikut gambar nya:







4. Bersihkan dengan Hati-hati Tisu Wastepad nya menggunakan air bersih, karena sangat lunak sekali, dapat menyebabkankan Tisu wastepad hancur, Setelah dibersihkan dengan air bersih, jemur Tisu Wastepad sampai kering. Berikut gambar Tisu Inkpad atau Tisu Wastepad yang sudah saya bersihkan.



5. Setelah Tisu Inkpad nya bener-bener kering, masukan kembali ke wadah nya. Kemudian pasang kembali ke posisi semula.
Inkpad kini sudah bersih. Dan 1 langkah lagi, lakukan proses reset Epson L210 menggunakan Tool Resetter bawaan pabrik.

Tujuan Reset ini adalah mengembalikan Printer ke Nol seperti keadaan semula dari pabriknya. jadi setelah kita membersihkan Waspad Ink atau INKPAD nya, lebih baik kita reset kembali Epson Anda, supaya seperti keadaan baru lagi.
Dan Untuk Tool Resetter nya bisa di Lihat disini


Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijaksana

# Rahasia Teknisi Laptop & DVD Tutorial Service Laptop #

IT-Solutions Computer dan Networking - Rahasia Teknisi Laptop